Undang Ahli Bahas Masalah Pertanian Bojonegoro

13.20
Undang Ahli Bahas Masalah Pertanian Bojonegoro



Oleh: M. Fatoni

Dander - Karang Taruna Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro mengundang ahli pertanian dari Dinas Pertanian (Diaperta) setempat untuk membahas mengenai permasalahan pertanian di kabupaten setempat, pada Kamis (11/11/2017).

Mereka adalah Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pertanian Bojonegoro, Djoko PW dan Kabid Produksi Dinas Pertanian Bojonegoro, Zainal Fanani.

Dalam diskusi itu, perwakilan karang taruna antusias bertanya kepada para ahli seputar penyakit yang selama ini menyerang tanaman padi. Terutama pengendalian tanaman supaya tidak terserang slundep. Juga, cara bertanam di lahan yang sering tergenang banjir agar tidak roboh diterpa angin.

Pertanyaan perwakilan karang taruna langsung dijawab oleh para ahli itu.
Zainal Fanani mengatakan, kunci penanaman padi itu terletak pada kondisi tanah ditanami.

"Jangan harap tanaman padi bisa tumbuh baik kalau tanahnya tidak sehat," ujarnya menjawab.

Ketua Karang Taruna Sumbertlaseh, Mustakim mengatakan, diskusi ini bagian dari penguatan SDM petani setempat. Sehingga, kedepan petani dapat bercocok tanam dengan baik dan benar. Serta produktivitas tinggi.

"Jika SDM petani bagus, hal itu bisa menopang perekonomian," ujarnya.

Kesuksesan para petani, menurut  dia, bergantung sejauh mana memahami pertanian mendalam dan mengikuti cara pertanian yang baik dan benar.

"Jika hal itu dilakukan, kesuksesan yang didapat dari pertanian bisa optimal," ucapnya. (gus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »