Melihat Awan CB, Bupati Imbau Masyarakat Waspada Bencana

22.20

Melihat Awan CB, Bupati Imbau Masyarakat Waspada Bencana 
Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com - Mencermati terbentuknya awan cumulonimbus (CB) di Bojonegoro pada siang tadi, Bupati Suyoto mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Ledre waspada bencana.

Menurut Kang Yoto, panggilan akrab Bupati Bojonegoro, awan CB dapat mengakibatkan hujan sangat deras disertai angin kencang.

"Maka, wong Bojonegoro harus waspada bencana," imbaunya.

Kang Yoto juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten untuk segera mengaktifkan tim tanggap bencana di tiap-tiap kecamatan.

Menyiapkan tempat pengungsian penduduk dan dapur komunitas. Mengecek wilayah bantaran Sungai Bengawan Solo serta memperbaiki tanggul kritis secara gotong royong.

"Untuk wilayah berpotensi longsor maupun bandang segera dimitigasi," pinta pria asal Bakung Kecamatan Kanor Bojonegoro tersebut.

Sehubungan dengan hal itu, BPBD diminta selalu menginformasikan perubahan cuaca dan potensi bencana kepada masyarakat. Sehingga, warga tahu dan cepat lapor.

Sekadar informasi, awan CB adalah tipe awan tinggi dan padat. Awan ini terbentuk akibat uap air yang dibawa oleh arus udara ke atas sangat kuat. Awan ini mampu menghasilkan petir dan cuaca buruk berbahaya lainnya, seperti tornado. (fat/gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »