ExxonMobil Ukur Kualitas Udara di Mojodelik

16.56

Oleh: M. Fatoni

Gayam - Petugas keselamatan dan kesehatan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) melakukan pengukuran kualitas udara di Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, pada Kamis (9/11/2016). Ini dilakukan bersama warga setempat.

Dalam pengukuran itu, petugas membawa alat pendeteksi gas (multi gas detector), pengukur suhu, dan pendeteksi gas hidrogen sulfida (H2S). Sebelum melakukan pengukuran, petugas juga menjelaskan bagaimana alat-alat tersebut bekerja.

Perwakilan EMCL, Slamet Rijadi mengungkapkan, pengukuran ini dilakukan secara rutin oleh EMCL.

Dengan petugas yang kompeten di bidangnya, katanya, EMCL memonitor kualitas udara untuk keselamatan lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Kita juga kerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan pengukuran seperti ini secara rutin di beberapa titik area warga desa sekitar," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bidan Desa Mojodelik, Lisa Wahyu Febrianti mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut. Karena, selama ini dirinya sering ditanya warga mengenai H2S, namun belum bisa menjelaskan secara ilmiah.

Dengan pengetahuan yang dibagi oleh petugas, pihaknya mengaku sedikit banyak sudah lebih faham.

"Tapi saya masih butuh referensi lebih banyak biar bisa berbagi pengetahuan dengan warga juga," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, petugas melakukan contoh pengukuran di Dusun Dawung dan Dusun Ledok Desa Mojodelik. Selain bidan desa, petugas tanggap darurat yang ditempatkan di Balai Desa Mojodelik juga mengikuti kegiatan ini. Mereka juga dibekali alat pendeteksi gas untuk digunakan selama berjaga di balai desa. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »