Antisipasi Gesekan, Kampanye di Pelem Digelar Terpisah

14.07
Antisipasi Gesekan, Kampanye di Pelem Digelar Terpisah
Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com - Para calon kepala desa (Cakades) di 32 desa di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur hari ini melaksanakan kampanye di masing-masing balai desa terkait.

Seperti di Desa Pelem Kecamatan Purwosari misalnya, dua Cakades menyampaikan visi dan misi serta program kerja kepada masyarakat setempat apabila terpilih menjadi Kepala Desa (Kades) Pelem.

Mulai penyelenggaraan pemerintahan desa, pelayanaan masyarakat, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, pengelolaan aset desa guna peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD), serta perekonomian masyarakat.

Kampanye ini dilaksanakan dua tahap dengan waktu berbeda. Untuk calon nomor urut satu, Sudawam (petahana) dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB. Calon nomor urut dua, Gatot Ali Hanafi (penantang) di gelar pada pukul 13.00 WIB.

Ketua Panitia Pilkades Pelem, Ali Mahfud mengatakan, pemisahan waktu kampanye tersebut untuk meminimalisir gesekan sosial antar pendukung.

"Kalau digelar bersama khawatir ada gesekan, soalnya kedua calon sama-sama mempunyai basis masa kuat," ujarnya kepada kilasBojonegoro.com, di sela akan dimulainya kampanye cakades di Balai Desa Pelem, Kamis (24/11/2016).

Di tempat yang sama, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Purwosari, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Soesilo Teguh Priyono mengungkapkan, suhu politik jelang pelaksanaan pilkades memang meningkat dan semakin panas.

Sebab itu, pihaknya terus memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat, maupun masing-masing pendukung cakades menjaga ketertiban umum hingga terpilihnya kades definitif.

"Bila ingin pilkades ini berjalan lancar, jaga ketertiban, jangan ada gesekan," imbaunya dihadapan masyarakat.

Kapolsek meminta, masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi. Mereka juga diminta mendengarkan penyampaian visi misi serta program kerja masing-masing calon. Sehingga, dapat menentukan hak pilih sesuai hati nurani.

"Kami siap mengamankan pilkades ini. Mari kita sukseskan bersama," tandas Mantan Kapolsek Balen Bojonegoro tersebut.

Untuk diketahui, pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada 30 November ini. (gus/roz)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »