Calon Kades di 32 Desa Tandatangani Deklarasi Pilkades Damai

16.49
Calon Kades di 32 Desa Tandatangani Deklarasi Pilkades Damai

Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com - Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro terus berupaya menciptakan situasi aman dan kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 30 November 2016. Hal itu ditandai dengan deklarasi pilkades damai oleh seluruh calon kades di kabupaten setempat, Sabtu (26/11/2016).

Bertempat di alun-alun Bojonegoro, para calon kades menandatangani perjanjian pilkades damai. Penandatanganan itu disaksikan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Bojonegoro, Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Bojonegoro, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro, Perwakilan Panitia Pilkades di 32 desa di Bojonegoro, dan Linmas se Bojonegoro.

Mereka juga berikrar bersama untuk melaksanakan pilkades seretak tahun ini, secara jujur, adil, santun dan bermartabat serta saling menghormati. Siap bekerja sama dengan panitia penyelenggara pilkades. Siap bekerjasama dengan aparat Polri dan TNI untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan damai serta dapat mengendalikan massa pendukung masing-masing.

Selain itu, siap menerima hasil pilkades sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Siap untuk dipilih dan siap untuk tidak dipilih dalam pilkades tahun ini, melalui proses pemilihan yang demokratis dan transparan.

Selaku pimpinan apel deklarasi pilkades serentak damai, Bupati Bojonegoro, Suyoto mengucapkan terima kasih kepada calon kades yang telah bersedia menandatangani kesepakatan damai tersebut.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri, Satpol PP, Linmas, yang telah sigap dalam pengamanan pilkades serentak ini.

Kang Yoto, panggilan akrab Bupati Bojonegoro berharap kepada seluruh panitia, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta pendukung calon kades agar saling menjaga keamanan dan ketertiban. Serta, mengawal jalannya pilkades serentak ini.

"Mari kita ciptakan pilkades yang jujur, adil, santun dan bermartabat," ucap Kang Yoto.

Selain deklarasi damai pilkades serentak, Polres Bojonegoro juga melakukan simulasi pengamanan dan peragaan pilkades serentak di tempat yang sama (alun-alun Bojonegoro).

Kapolres Bojonegoro, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wahyu Sri Bintoro mengatakan, simulasi tersebut diikuti sekitar 500 orang. (gus/roz)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »