Kisah Ajaib Bayi Lahir Tanpa Otak Berjuang untuk Tetap Hidup

16.36
Kisah Ajaib Bayi Lahir Tanpa Otak Berjuang untuk Tetap Hidup
Oleh: - 

kilasBojonegoro.com - Aniyah Todd lahir pada 7 Juli 2016 dengan kondisi encephalocele. Hal ini membuat Aniyah lahir dengan kondisi hanya memiliki 10 persen otak.

Encephalocele merupakan kondisi langka yang terjadi ketika tengkorak bayi tidak menutup dengan sempurna. Hal ini diakibatkan oleh kelainan tabung saraf yang seharusnya menstimulasi pertumbuhan tulang kepala dan tulang belakang. Orangtua Aniyah, Charlotte Youds dan Will Todd, sudah merencanakan perawatan paliatif untuk menemani si kecil menuju hari terakhir kehidupannya.

"Ini mengerikan, ketika mereka mengatakan, otak bayi kami tak ada dan sulit bagi si bayi untuk bertahan hidup, Sulit bagi kami membeli pakaian bayi dan mempersiapkan kelahirannya," ungkap Charlotte.

Namun, ketika ia lahir dan berjuang untuk hidup, tangannya terasa dingin. Para dokter sempat mengira bahwa Aniyah tidak bisa bertahan hidup. Satu jam setelah kelahirannya, dokter terus datang dan memeriksa keadaannya. Sebuah kejutan, Aniyah masih bisa bertahan hidup, Charlotte menjelaskan.

Enam hari setelah Aniyah lahir, ia dipulangkan dari Liverpool Women’s Hospital dan bersatu dengan saudari kembarnya, Sophia. "Perjalanan ini terasa sangat sulit. Sekarang Aniyah berkembang lebih baik dibandingkan prediksi orang," tambah Charlotte.

Ia teringat betapa sedihnya ketika diberitahu oleh ahli medis, Aniyah tidak punya harapan hidup. Banyak bagian otaknya hilang. Dokter mengatakan, ia tidak bisa melakukan banyak aktivitas, termasuk bernapas.

"Kami juga diberitahu, kemungkinan si kecil butuh bantuan oksigen dan makan dari tabung agar ia tetap merasa nyaman selama hidupnya," lanjutnya.

Bersama Will, sang suami, ia memutuskan untuk membantu saudari kembar Sophia itu. Melihat putrinya berjuang, Charlotte juga ingin berjuang bersamanya. Apalagi saat mendengar tangis Aniyah saat kelahirannya.

Sempat diberikan bantuan napas melalui ventilator, kini Aniyah berusaha dengan gigih untuk bertahan hidup. Kakak dari Sophia masih menjalani cek rutin ke dokter saraf sebagai pantauan perkembangannya.

"Ia bisa mengangkat kepalanya, tersenyum, tertawa, dan ia menyukai musik. Adiknya juga terlihat baik-baik saja dan mereka saling mencintai. Selalu memeluk dan tidak bisa tidur terpisah," tukas Charlotte. Demikian disadur dariDailystar, Minggu (27/11/2016). (gus)


Sumber: m.okezone.com/read/2016/11/27/481/1552370/kisah-ajaib-bayi-lahir-tanpa-otak-berjuang-untuk-tetap-hidup?utm_source=health_hl

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »