Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

05.53

Oleh: -

Semua orang mungkin telah tahu bahwa minum air putih baik untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda perlu minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari.

Pada dasarnya, setiap orang minimal minum 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kesehatan. Namun, ada alasan Anda perlu melakukan kebiasaan sehat minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari.

Berikut manfaat minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari sebagaimana dilansir Boldsky, Rabu (9/11/2016):

1. Mengrehidrasi tubuh

Tubuh kita akan mengalami dehidrasi setelah berjam-jam tidur. Jadi, saat bangun tidur di pagi hari, minum segelas air membantu rehidrasi tubuh, sehingga merasa segar dan berenergi.

2. Menguras racun

Minum segelas air putih beberapa menit setelah bangun tidur di pagi hari membantu membilas racun dari tubuh. Hal ini dapat menjaga tubuh tetap sehat setiap hari.

3. Membantu mencegah sembelit

Salah satu penyebab utama sembelit adalah dehidrasi. Karena itu, minum air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari membantu mencegah sembelit dan meningkatkan gerakan usus.

4. Membantu meningkatkan metabolisme

Minum air sesaat setelah bangun tidur membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu, cara ini juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa studi telah menunjukkan, minum air putih sesaat setelah bangun tidur membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena cara tersebut meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

6. Menyehatkan pencernaan

Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab utama gangguan pencernaan. Jika seseorang minum air saat perut kosong sesaat setelah bangun tidur di pagi hari, maka membantu menyehatkan pencernaan.

7. Mencegah mulas

Minum air putih beberapa menit setelah bangun di pagi hari membantu menurunkan tingkat asam di perut. Karenanya, kebiasaan sehat ini dapat mencegah mulas dan beragam masalah pencernaan.

8. Meningkatkan fungsi otak

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, fungsi otak akan terhambat. Minum air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari dapat membantu memberikan oksigen ke otak, sehingga meningkatkan fungsinya. (gus)

Sumber: m.okezone.com/read/2016/11/08/481/1536176/manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur-di-pagi-hari?utm_source=health_bt

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »