Mi Instan Bisa Picu Kanker Usus, Benar Nggak Sih?

08.39

Oleh: -

kilasBojonegoro.com - Makanan instan seperti mi banyak menggunakan bahan-bahan tambahan, baik sebagai pengawet maupun penyedap rasa. Ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak mengonsumsinya bisa memicu kanker usus.

"Belum ada penelitian yang mengatakan makanan instan bisa memicu kanker usus," kata dr Ibrahum Basir, SpB-KBD, pakar bedah saluran cerna dari IKABDI (Ikatan Ahli Bedah Digestif Indonesia) Jaya dalam temu media di Hotel Double Tree, kemarin.

Menurut dr Ibrahim, risiko kanker usus dalam kaitannya dengan makanan lebih dipengaruhi oleh diet atau pola makan. Terlalu banyak mengonsumsi lemak dan protein, tanpa diimbangi asupan serat yang cukup, menurutnya lebih terbukti memicu kanker usus.

Meski demikian, ia tidak menganjurkan untuk terlalu sering mengonsumsi mi instan maupun makanan instan lainnya. Makanan instan sebaiknya cukup dikonsumsi sesekali, sebab kandungan nutrisinya juga tidak selengkap makanan alami.

Pendapat senada juga disampaikan oleh dr Arnold Simanjuntak, SpBD. Menurutnya, makanan alami lebih sehat karena melatih sel-sel usus dalam mencerna dan menyerap nutrisi. Usus yang terlatih akan memiliki daya tahan yang lebih kuat, termasuk dalam menangkal penyakit. (gus)

Sumber: m.detik.com/health/read/2016/11/09/163645/3341342/763/mi-instan-bisa-picu-kanker-usus-benar-nggak-sih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »