Proyek J-TB Serap 4.000 Naker

18.00
Proyek J-TB Serap 4.000 Naker
Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com - Pembangunan proyek Engineering Procurement and Construction Gas Processing Facility (EPC GPF) Jambaran - Tiung Biru (J-TB) di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur diperkirakan menyerap ribuan tenaga kerja (naker).

"Kalau GPF mulai ada sekitar 4.000 naker," papar Senior Project Manager PT Pertamina EP (PEPC), Firman Arif, menjawab pertanyaan dari salah satu peserta lokakarya bersama media se Bojonegoro di Tanjung Kodok Beach Resort, pada Selasa (20/12/2016).

Kata dia, jumlah naker tersebut terdiri dari skill maupun unskill.

Firman menambahkan, pembangunan Proyek EPC GPF J-TB nantinya sama seperti Proyek Banyuurip Blok Cepu di Kecamatan Gayam. Di J-TB, lanjutnya, juga ada welding, scaffolding, dan lain sebagainya.

"Hampir sama dengan Banyuurip Blok Cepu," imbuhnya memaparkan.

Firman meminta, warga lokal sekitar meningkatkan keterampilan kerjanya. Itu supaya bisa terlibat dalam proyek EPC GPF J-TB secara maksimal.

Di kesempatan yang sama, Public Government and Affairs Manager PEPC, Abdul Malik mengatakan, rekrutmen naker J-TB telah dikoordinasikannya dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro. Itu supaya terkoordinir dengan baik.

"Sejak awal sudah kita koordinasikan dengan disnakertransos," ujar Abdul Malik di kesempatan yang sama.

Pihaknya menjelaskan, rekrutmen naker bukan menjadi kewenangan  PEPC, melainkan pihak kontraktor utama dan sub-kontraktor terkait.

Meski demikian, tutup Abdul Malik, PEPC menyarankan agar kontraktor pemenang tender proyek EPC GPF J-TB nantinya berkoordinasi dengan disnakertransos terkait kebutuhan naker.

Keberadaan Proyek Gas Unitisasi J-TB ini diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran di wilayah setempat. Masyarakat juga bisa merasakan multiplier-effect dari proyek tersebut. (gus/roz)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »