Pintu Waduk Gajah Mungkur Dibuka

21.00
Pintu Waduk Gajah Mungkur Dibuka
Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com - Tinggi Muka Air (TMA) di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri mencapai 134,33 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hal ini membuat kondisi waduk tak aman.

Supaya penampungan air itu berada di titik aman (128 mdpl). Malam ini, Selasa (6/12/2016) pukul 18.00 WIB, pintu Waduk Gajah Mungkur dibuka dan dialirkan ke Bengawan Solo.

Berdasarkan informasi yang diterima kilasBojonegoro.com, debit air waduk yang dialirkan ke Bengawan Solo 150 m3/detik. Dan ke PLTA 65,2 m3/detik.

"Selain menjaga penampungan agar tetap aman, pelepasan debit air juga mempertimbangkan kondisi hilir yang saat ini elevasinya relatif rendah," ujar Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo.

Andik menuturkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan pimpinan Waduk Gajah Mungkur, pelepasan debit air tersebut tidak berdampak signifikan terhadap TMA Bengawan Solo di daerah hilir, khususnya Bojonegoro.

"Kenaikan TMA hanya beberapa cm saja," tuturnya.

Andik Sudjarwo meminta, informasi terkait dibukanya pintu Waduk Gajah Mungkur disebarluaskan pada Camat. Selanjutnya, diteruskan kepada desa.

"Ini supaya tidak menimbulkan keresahan di masyarakat," tutupnya. (gus/roz)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar