Pengungsi Mulai Kembali ke Rumah

07.00
Pengungsi Mulai Kembali ke Rumah
Oleh: M. Fatoni

kilasBojonegoro.com - Warga terdampak banjir Bengawan Solo yang mengungsi di sejumlah titik pengungsian telah kembali ke rumah. Ini setelah genangan air surut total.

Sebelumnya, lebih dari 1.100 warga Desa Ledok Wetan dan Desa Ledok Kulon Kecamatan Kota Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur mengungsi di Gedung Serbaguna Bojonegoro. Tempat tinggal mereka terendam air hingga 100 cm.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Sukirno mengatakan, para pengungsi mulai kembali ke rumah sejak minggu lalu dan berlanjut hingga Senin kemarin.

"Semua sudah kembali," ujar Sukirno kepada kilasBojonegoro.com, Selasa (6/12/2016).

Warga terdampak banjir juga mulai membersihkan sisa endapan lumpur. Sehubungan dengan hal itu, posko pengungsian di beberapa titik juga sudah dibongkar oleh petugas BPBD.

Sukirno mengatakan, saat ini trend air Bengawan Solo Bojonegoro berada di bawah siaga. Diperkirakan, kondisi air terus menurun hingga siang nanti.

Untuk diketahui, banjir Bengawan Solo ini mengakibatkan 86 desa di 9 kecamatan terendam air antara 10-100cm.

Selain rumah, fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah-sekolah, dan jalan desa juga terendam. Bahkan, 9 rumah rusak berat akibat digerus air mengalir. Dua lainnya rusak ringan.

Tercatat 7.145 rumah, 11 gedung Taman Kanak-Kanak (TK), 9 gedung Sekolah Dasar (SD), 3 gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 gedung Sekolah Menengah Atas (SMA), 7 masjid, dan 24 mushola terendam air. (gus/roz)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »