Cium H2S, Delapan Warga Mojodelik Diduga Keracunan

18.15

Oleh: Gus Toni

Gayam - Delapan warga Dusun Dawung RT 10/RT 03 Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur harus dilarikan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gayam dan Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu untuk mendapatkan perawatan medis, Rabu (26/10/2016) siang.

Entah apa penyebabnya belum bisa disimpulkan dengan pasti. Namun, dugaan sementara, kedelapan warga tersebut diduga keracunan setelah mencium hydrogen sulfida (H2S) dari Lapangan Minyak dan Gas Bumi (Migas) Banyuurip Blok Cepu yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Kedelapan warga itu adalah Warsiti, Nyami Karin, Siti, Samini, Sri Minah, Sri Ustadzah Ningsih, Siti Muflikhatul Nikmah dan Ahmad Zigna.

Saat di Puskesmas Gayam, Samini mengaku mencium bau tidak seperti telur busuk yang diduga berasal dari area produksi Banyuurip Blok Cepu.

"Setelah itu, kepala saya pusing, mual-mual dan muntah," ucapnya sesaat bangun dari tempat tidur pasien.

Akibat kejadian itu, perempuan 30 tahun dan beranak dua itu merasa lemas dan pucat.

Hal yang sama juga diungkapkan, Warsiti. Dengan wajah pucat dan lemas, dia mengaku sempat tak sadarkan diri usai mencium H2S yang diduga dari Lapangan Migas Banyuurip Blok Cepu.

Kini, Warsiti masih terbaring lemas di tempat tidur pasien Puskesmas Gayam.

Sementara itu, Nyami Karin dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah Kalitidu lantaran sakit cukup serius.

EMCL yang mendapat informasi tersebut dari Kepala Desa (Kades) Mojodelik, Yuntik Rahayu langsung turun ke lokasi bersama tim medis. (gus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »